NextTo Bottom

Ads 468x60px

Advertisement by Aktivis Pasus Waled Advertisement by Aktivis Pasus Waled
Advertisement by Aktivis Pasus Waled

Kamis, 18 Agustus 2005

Title: Paskibra SMK Negeri 1 Cirebon (STMN Cirebon)
ItemReviewed: Aktivis Paskibra Waled: Paskibra SMK Negeri 1 Cirebon (STMN Cirebon)
Description:
Rating: 5.0
Reviewer: Kang MPIM theA

Paskibra SMK Negeri 1 Cirebon (STMN Cirebon)

|
 

Paskibra Graha Taruna SMK Negeri 1 Cirebon

Paskibra Napak Tilas
Adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Cirebon yang mempunyai misi:
Menjadi Ekstrakurikuler yang dapat mencetak Generasi Muda Bangsa Indonesia yang Disiplin, Bertanggung Jawab, Berjiwa Pemimpin, dan berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.

Napak Tilas

Paskibra SMK Negeri 1 Cirebon (dulu STM Negeri Cirebon, red) lahir setelah adanya surat dari Pangab No. 461.10.1985 tentang ke-PASKIBRA-an yang diantaranya mempunyai tujuan untuk:
Membentuk generasi muda untuk dapat hidup disiplin dan mengibarkan Merah putih dengan menjiwai di dalam hati sebagai pengabdian dan kecintaan terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia yang selaras dengan Pancasila dan UUD 1945.

Sedangkan arti Paskibra adalah Pasukan Pengibar Bendera yang mendidik para generasi muda untuk dapat mengibarkan Bendera Merah Putih dengan keyakinan dan rasa kecintaan yang bersikap disiplin militer. Sebelumnya di SMK Negeri 1 Cirebon telah ada Pasukan Khusus (PASUS) yang lahir pada tahun 1959, selang waktu 4 tahun setelah berdirinya SMK Negeri 1 Cirebon.

Pada saat itu PASUS SMK Negeri 1 Cirebon masih bersifat sederhana (belum banyak PBB). Mengingat pentingnya PASUS disekolah, maka pihak sekolah-pun meminta bantuan kepada Kesatuan Angkatan Laut (ALRI) Cabang Cirebon untuk dapat membimbing dan membina para pelajar SMK Negeri 1 Cirebon dan atas permintaan tersebut pihak ALRI menerima dengan senang hati mengingat potensi yang ada pada SMK Negeri 1 Cirebon.

Mulai pada saat itu, PASUS digembleng oleh ALRI dengan latihan system militer, mereka dilatih dengan penuh semangat tanpa mengenal lelah dan putus asa. Dari hari ke hari mereka terus berlatih walaupun di bawah terik matahari ataupun hujan, mereka tetap tegar untuk menghadapi masa gemilang tersebut.

Dengan penuh kesabaran dan keteguhan hati dalam berlatih, para taruna PASUS-pun terus mendalami dan mempelajari dengan sungguh-sungguh. Setelah ALRI merasa cukup dalam membimbing dengan melihat adanya kemajuan dari para taruna PASUS, maka pihak ALRI menyatakan berhenti untuk membimbing PASUS SMK Negeri 1 Cirebon. Namun akhirnya, PASUS-pun dapat berjalan sendiri dengan Baret Merah sebagai kebanggaan.
Paskibra Napak Tilas

Pada tahun 1987, seorang anggota PASUS bernama Warsumedi menggantikan nama PASUS menjadi Graha Taruna yang diambil dari bahasa sansekerta. Dimana Graha berarti Tempat dan Taruna berarti pemuda. Sehingga secara Etimologi dapat diartikan sebagai Organisasi tempat kaum pemuda putera-puteri SMK Negeri 1 Cirebon untuk berkarya dan mengembangkan bakatnya khusus dibidang ke-PASKIBRA-an.
0 Comments
Comments

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar (kritik dan saran yang membangun) dari kalian, silahkan tulis dan kirimkan kepada Admin Blog Aktivis Paskibra 2002.

Bila ada artikel yang sudah tidak relevan atau terdapat link yang rusak, mohon pemberitahuannya melalui komentar dan Admin akan segera memperbaikinya.


Terima kasih.

Anda menyukai isi artikel ini? silahkan membagikannya di:

Anda menyukai isi artikel ini?
bagikan di:
Technorati Favorites Top SEO Sites
 

Daftar Blog

  • //dikabra.wordpress.com/
  • //griyabhana.wordpress.com/

Pencarian Google


Advertisement

Google ads

Referrer

Silahkan lihat di halaman Pengenalan Paskibra

Last Referrer

Sistema Enlaces Reciprocos Get backlinks - link building services where you can get link exchange free 100% to create backlinks for SEO

Member Blogs

FansBox


Info FansPage ada dihalaman ini!


Google ads
© 2012 Kreasi Aktivis Staff BTP Angkatan IV/1997, GT XIV/2000.
Lion of Field at Cherbond. Diberdayakan oleh Blogger.
 
 
BackTo Top